Profil Fakultas Pertanian

        Pendidikan merupakan suatu bentuk usaha dasar untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia, berlangsung sepanjang hayat dan sekaligus martabat merupakan sosialisasi nilai-nilai religi di masa depan. seiring dengan laju perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan semakin besarnya tantangan dan tuntutan di segala bidang, maka pendidikan mempunyai peranan yang sangat sentral dan strategis serta menjadi prioritas utama dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia.

      Selanjutnya sejalan dengan makin pesatnya pembangunan yang dilaksanakan, maka tuntutan tenaga kader pembanguan semakin meningkat. Salah satu dari berbagai kebutuhan kader pembangunan adalah tersediannya tenaga bidang pertanian yang handal, terampil dan profesional. dalam hal tersebut maka sumber daya manusia yang mengiasai IPTEK Pertanian menjadi faktor yang penting dan strategis untuk dikembangkan sesuai kebituhan pembangian.

Untuk menyikapi keadaan tersebut diatas, Yayasan Pembina Pendidikan Majalengka (YPPM) pada tahun akademik 1999/2000 mendirikan suatu perguruan tinggi yang dapat mengahasilkan tenaga-tenaga bidang Pertanian yang handal, terampil dan profesional. Perguruan Tinggi tersebut adalah Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP-YPPM) dan berubah menjadi Fakultas Petanian Universitas Majalengka (FAPERTA-UNMA) tahun 2006 dengan tujuan untuk mencetak sumber daya manusia yang handal di sektor pertanan, menjawab tantangan pembangunan bangsa.

        Salah satu mimpi yang dirancangkan adalam menjadi salah satu dari lima fakultas pertanian terbaik di Jawa Barat dengan upaya penyiapan SDM yang handal di bidang pertanian berdasarkan riset. Mulai tahun 2013 perkembangan riset di Fakultas Pertanian mulai menggeliat dengan beberapa dosen telah mendapatkan hidah riset dari DIKTI dan kerjasama dengan pemerintah Kabupaten dan Propinsi. Ke depan kegiatan riset dan pengabdian masyarakat akan menjadi tumpuan bagi Fakultas Pertanian Universitas Majalengka dalam rangka mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi.

      Fakultas Pertanian Universitas Majalengka telah banyak menghasilkan alumni-alumni yang dapat dengan mudah terserap oleh dunia kerja. Alumni Fakultas Pertanian Universitas Majalengka sebagian besar menjadi tenaga penyuluh di Kabupaten Majalengka dan sebagian kecil yang tersebat di Perbankan (BRI), Insntansi pemerintahan dan BUMN. ke depan permintaan akan tenaga penyuluh masih tinggi dikarenakan program pembangian pertanian yang menuntut akan ketersediaan tenaga penyuluh untuk tiap desa regenerasi di badan penyuluh.

 

Visi

"Menjadi Salah Satu Fakultas Pertanian Unggulan di Tingkat Nasional Berbasis Sumber Daya Lokal Pada Tahun 2026"

 

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang tinggi dalam bidang ilmu pertanian.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang terarah dan terpadu untuk kemajuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta untuk menjawab permasalahan pembangunan daerah dan nasional khususnya dalam bidang pertanian.
  3. Mendorong kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai wujud peran perguruan tinggi dalam mengembangkan dan menerapkan IPTEK di lingkup pertanian terpadu untuk turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam bidang pertanian yang berbasis sumber daya lokal dalam lingkup nasional dan internasional.